July 6, 2015

Sejarah Gerakan Marriage Encounter (ME)

(Sumber : http://www.renungan.com/marriageencounter.php)

Pada tahun1952 di Kota Bercelona-Spayol, Pastor Gabriel Calvo didatangi sepasang suami-istri yang menyatakan secara berpasangan membaktikan dirinya bagi kerasulan untuk untuk suami istri. Sebelum ini mereka memang sudah aktif di paroki, namun mereka sendiri, mungkin si suami di Depar dan si istri di WK. Tapi mereka ingin bersama-sama dalam melakukan kerasulan keluarga .

Mendapat tantangan ini, selama sekitar sepuluh tahun Pastor Calvo dan pasangan tersebut mempersiapkan suatu program yang dianggap sesuai bagi kerasulan untuk pasangan suami-istri, dan pada tahun 1962 di Bercelona itu diadakanlah WEME yang pertama yang waktu itu dalam Bahasa Spayol di sebut sebagai Encuentro Conyugal .

Setelah mendapat sukses yang cukup besar di Spayol, maka pada tahun 1966 Pastor Calvo memperkenalkan program ini dalam pertemuan Konggres Internasional CFM ( Christian Family Movement )yang diadakan di Venezuela, dan dari situ para pemimpin CFM membawa program tersebut ke hampir seluruh Negara di Amerika Latin. Setahun kemudian, pada tahun 1967, Encuentro Conyugal sudah sampai di Amerika Serikat, namun semula masih terbatas bagi mereka yang berbahasa Spayol dan baru pada Agustus 1967 di bawakan dalam bahasa Inggris di Notre Damme dengan sebutan Marriage Encounter.

Perkembangan terjadi begitu cepat. Pada musim panas tahun 1968 ada sekitar 50 pasangan suami istri Team dan 29 Romo dari Spayol di undang ke Amerika untuk mengadakan WEME di mana-mana. Sejak itu ME semakin berkembang, terutama di wilayah Long Island , New York, di bawah pimpinan Pater Chuck Gallagher yang mendalami program ini secara lebih lanjut, hingga pada tahun 1974 berkembang secara internasional dengan nama Worldwide Catholic Marriage Encounter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.